UNIVERSITAS PATTIMURA

Jadilah Seperti Pohon Yang Tumbuh Dan Berdaun Lebat yang apabila di lempar dengan batu maka balasannya adalah buah

Senin, 26 Desember 2022

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

Nama Sekolah        : SMA N 1 Maluku Tengah

Mata Pelajaran       : Matematika

Kelas/Semester       : X / 1

Materi Pokok          : Eksponen dan Logaritma

Waktu                     : 2 × 45 menit

 

A.    Tujuan Pembelajaran

Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran eksponen ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggung jawab  dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik serta dapat :

1.   Menjelaskan definisi eksponen bulat positif,eksponen bulat negatif dan pangkat nol

2.   Mengimplementasikan eksponen bulat positif,eksponen bulat negatif dan pangkat nol.

 

B.    Kompetensi Dasar

2.1  Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri serta responsif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.

2.2   Memiliki rasa ingin tahu yang terbentuk dari pengalaman belajar dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam .

2.3  Berperilaku peduli, bersikap terbuka dan toleransi terhadap berbagai perbedaan di dalam masyarakat .

3.1  Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma  sesuai dengan karakteristik permasalahannya yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya .

4.2 Mengolah data dan menganalisis  menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya

 

 

C.    Indikator Pencapaian Kompetensi

1.     Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen

2.     Bekerja sama dalam kegiatan kelompok untuk menemukan konsep eksponen atau pangkat negatif,pangkat nol

3.     Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan konsep eksponen bulat positif  dan eksponen bulat negatif.

 

D.    Materi Matematika 

1.   Materi Prasyarat

-          Perkalian berulang dengan bilangan yang sama. (himpunan)

2.   Materi Pokok

-          Konsep eksponen atau pangkat

-          Pangkat bulat positif

n faktor

Misalkan a bilangan real dan n bilangan bulat positif. an adalah hasil kali bilangan a sebanyak n faktor,dapat ditulis an = a x a x a x ...x a  dengan a sebagai basis bilangan pokok dan n sebagai pangkat.  

 

-          Pangkat bulat negatif dan pangkat nol

Untuk a bilangan real dan a , m bilangan bulat negatif,didefinisikan

-         

m faktor

a

m faktor

                   =

 

-          Pangkat nol

 

 

 

 

 

E.    Model/Metode Pembelajaran

Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah. 

 

F.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi Waktu

Pendahuluan

1.     Guru mengkondisikan kelas dalam suasana kondusif untuk berlangsungnya pembelajaran.

2.     Guru memberikan motivasi tentang pentingnya memahami eksponen mengaitkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.

4.     Guru menginformasikan tentang proses pembelajaran yang akan dilakukan termasuk aspek-aspek yang dinilai selama proses pembelajaran berlangsung.

5.     Guru melakukan apersepsi dengan melakukan pertanyaan secara klasikal yang bersifat menuntun dan menggali.

10 menit

Inti

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Guru mengemukakan pertanyaan esensial yang bersifat eksplorasi pengetahuan yang telah dimiliki siswa berdasarkan pengalaman belajarnya yang bermuara pada penugasan peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas.

·       Bagaimana menentukan banyak garis lipatan membagi dua bidang kertas menjadi dua bagian yang sama.

·       Bagaimana mengisi tabel keterkaitan antara banyak lipatan dengan banyak bidang kertas.

·       Bagaimana menentukan pola perkalian bilangan berulang.

·       Bagaimana menemukan konsep eksponen atau pangkat bilangan bulat positif.

·       Bagaimana menentukan pangkat bulat negatif dan pangkat nol.

2.     Guru Mengorganisir siswa kedalam kelompok-kelompok yang heterogen (4-5) orang. Heterogen berdasarkan tingkat kognitif atau etnis.

3.     Guru membimbing peserta didik agar dapat mengisi tabel yang berkaitan banyaknya lipatan dengan banyak bidang kertas yang terbentuk.

4.     Guru memberikan kesempatan pada semua kelompok yang akan mewakili untuk menjawab banyaknya lipatan dengan banyak bidang kertas yang terbentuk.

5.     Guru menegaskan jawaban yang benar,kemudian dengan membimbing peserta didik untuk dapat menemukan konsep pangkat eksponen positif

6.     Guru menyajikan soal yang berbentuk masalah

7.     Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengaplisikan soal bentuk masalah kedalam matematika

8.     Guru mengamati peserta didik selama berdiskusi sambil memberikan bimbingan agar dapat menjawab masalah yang disajikan

9.     Guru memberi kesempatan pada salah satu kelompok untuk menjawab masalah yang tersaji

70 menit

Penutup

 

·    Guru memfasilitasi peserta didik untuk menyimpulkan hasil temuan barunya,

·    Guru memberikan tugas

10 menit

 

G.   Alat/Media/Sumber Pembelajaran

1.     Lembar penilaian

2.     LCD

3.     Laptop

4.     Buku Paket Matematika  X

 

H.   Penilaian Hasil Belajar

1.       Teknik Penilaian: pengamatan, penugasan (proyek) dan tes tertulis

2.       Prosedur Penilaian:

No

Aspek yang dinilai

Teknik Penilaian

Waktu Penilaian

1.

Sikap

a.     Terlibat aktif dalam pembelajaran eksponen.

b.     Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.

c.     Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.

Pengamatan

Selama pembelajaran dan saat diskusi

2.

Pengetahuan

a.     Menjelaskan konsep eksponen bulat positif,  secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.

 

b.     Menentukan eksponen bulat negatif dan pangkat nol secara tepat dan kreatif.

 

Tes tertulis

 

Hasil akhir dari tes

 

 

3.

 

Keterampilan

Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan eksponen

 

Pengamatan

 

Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok) dan saat diskusi

 

 

I.      Instrumen Penilaian Hasil Belajar

Tes tertulis (kelompok)

(contoh soal)

Suatu zat yang disuntikkan ke dalam tubuh manusia akan dikeluarkan dari darah melalui ginjal. Setiap 1 jam separuh zat itu dikeluarkan oleh ginjal. Bila 100 mg zat itu disuntikkan ke tubuh manusia,berapa miligram zat itu yang tersisa dalam darah setelah :

1.     t = 1 jam ?

2.     t = 2 jam ?

3.     t = 3 jam ?

4.     Buatlah model matematika pengurangan zat  tersebut dari tubuh melalui ginjal !

5.     Gambarlah grafik model persamaan yang ditentukan !

Jawab :

1.     Setelah t = 1 jam :

100  50 mg

2.     Setelah t = 2 jam :

   

 25  mg

3.     Setelah t = 3 jam :

 

12,5 mg

4.     Model matematika :

t. = 1→ 100  = 100

t = 2 →  = 100

t = 3 →  = 100

maka model matematikanya (dengan t = waktu )

100

 

 

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP

Mata Pelajaran                        : Matematika

Kelas/Semester                       : X/1

Tahun Pelajaran                      : 2013/2014

Waktu Pengamatan                :

 

Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No

Nama Siswa

Sikap

Aktif

Bekerjasama

Toleran

Kreatif

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

KB

B

SB

1

Ali

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Banu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan:

Rumus :

 

KB (Kurang baik)       = 0

B  (Baik)                     = 1

SB (Sangat baik)         = 2

Selang Nilai Sikap :

A = 85 – 100

B = 75 – 84

C = 55 – 74

D = 0 – 54

 

Indikator

1.     Kurang baik jika sama sekali tidak ambil bagian, tidak berusaha , tidak bersikap toleran , tidak memunculkan ide  dalam pembelajaran.

2.     Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian, ada  usaha untuk bekerjasama , ada usaha untuk bersikap toleran, sudah ada usaha untuk memunculkan ide dalam pembelajaran tetapi belum konsisten .

3.     Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian , adanya  usaha bekerjasama , sudah ada usaha untuk bersikap toleran, ada usaha untuk memunculkan ide dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan konsisten

 

 

 


 

LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN KETERAMPILAN

Mata Pelajaran                        : Matematika

Kelas/Semester                       : X/1

Tahun Pelajaran                      : 2013/2014

Waktu Pengamatan                :

 

Bubuhkan tanda ( √ )  pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.

No

Nama Siswa

Keterampilan

Menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah

KT

T

ST

1

……………………………

 

 

 

2

……………………………

 

 

 

dst

 

 

 

 

 

Keterangan:

KT       : Kurang terampil

T          : Terampil

ST       : Sangat terampil

 

Indikator mengolah data dan menganalisis  menggunakan variabel dan menemukan relasi berupa fungsi eksponensial dan logaritma dari situasi masalah nyata serta menyelesaikannya.

1.     Kurangterampil jika sama sekali tidak dapat menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan eksponen bulat positif,bulat positif dan pangkat nol.

2.     Terampiljika menunjukkan sudah ada  usaha untuk menerapkan kosep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan eksponen bulat positif.

3.     Sangat terampill,jika menunjukkan adanya  usaha untuk menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan eksponen bulat positif,bulat negatif dan pangkat nol

 

LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK

 


Satuan Pendidikan                    : SMA     

Kelas/Semester                         : X / 1

Mata Pelajaran                         : Matematika-Wajib

Topik                                        : Eksponen

Waktu                                       : 20 menit

Kelompok                                 : ..............................................................

Tugas Kelompok                                                  :...............................................................

Nama Kelompok                      : ..............................................................

 

Langkah-langkah penyelesaian proyek:

1.     Siapkan alat/bahan untuk penyelesaian proyek

2.     Tentukan objek yang akan diamati

3.     Lakukan percobaan dan amati banyak bagian dari kertas lipat

4.     Menyajikan hasil banyak bagian dari pelipatan suatu kertas

5.     Diskusikan dan simpulkan hasil pengukuran

 


Sajikan banyak bagian kertas akibat proses pelipatan keterkaitan dengan banyak lipatan ke dalam Tabel dibawah ini

 

No.

Lipatan ke

Banyaknya bagian kertas

Pola perkalian

1

0

1

 

2

1

2

 

3

 

 

 

4

 

 

 

5

 

 

 

6

 

 

 

7

 

 

 

8

 

 

 

9

 

 

 

10

 

 

 

 

            Tentukan pola bilangan eksponen dari hasil pengamatan diatas               

                                                 

Kesimpulan :

..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 


Tuliskan Anggota Kelompokmu disini :

1.     ........................................

2.     ........................................

3.     ........................................

4.     ........................................

 

 

 

            Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

Hj. Kastri Wahyuni, S.Pd,MM

NIP 19560615 197903 2 005

                     Semarang, 31 Juli 2013

                      Pengampu,

 

 

Agus Priyanto,S.Pd

 NIP 197690314 200701 1 012

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar