RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : Ridwan
Sandia
Kelas/
Semester : X / 1
Mata
Pelajaran :
Metematika
Materi
Pokok : Relasi dan Fungsi
Alokasi
Waktu : 6 x 45
menit (3 kali pertemuan)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
2.1
Memiliki
motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berfikir dalam memilih dan menerapkan
strategi menyelesaikan masalah.
2.2
Mampu
menstransformasi diri dalam berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah,
kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
2.3
Menunjukkan
sikap bertanggungjawab, rasa ingin tahu, jujur dan berperilaku peduli
lingkungan
3.7 Mengidentifikasi
relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan fungsi
3.7.1
Menjelaskan definisi relasi
3.7.2
Menjelaskan definisi daerah asal
3.7.3 Menjelaskan definisi daerah kawan
3.7.4 Menjelaskan definisi daerah hasil
3.7.5 Menjelaskan hasil kali kartesius
3.7.6 Menyebutkan sifat – sifat relasi
3.7.7 Menjelaskan sifat refleksi
3.7.8 Menjelaskan sifat simetris
3.7.9 Menjelaskan sifat transitif
3.7.10 Menjelaskan sifat anti simetris
3.7.11 Menemukan konsep fungsi
4.7 Menerapkan
daerah asal dan daerah fungsi dalam menyelesaikan masalah
4.7.1 Menyelesaikan masalah sederhana
yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
4.7.2 Menentukan masalah sederhana yang
berkaitan dengan fungsi
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui proses pengamatan,
bertanya, mengumpulkan informasi, bernalar/ mengasosiasi dan diskusi, peserta
didik dapat:
3.7.1.1 Memahami dan menjelaskan kembali definisi relasi
3.7.2.1 Memahami dan menjelaskan kembali definisi daerah asal
3.7.3.1 Memahami dan menjelaskan kembali definisi daerah kawan
3.7.4.1 Memahami dan menjelaskan kembali definisi daerah hasil
3.7.5.1
Memahami dan menjelaskan kembali definisi hasil kali
kartesius
3.7.6.1 Memahami dan menyebutkan kembali definisi sifat –
sifat relasi
3.7.7.1 Memahami dan menjelaskan kembali definisi refleksi
3.7.8.1 Memahami dan menjelaskan kembali simetris
3.7.9.1 Memahami dan menjelaskan kembali transitif
3.7.10.1
Memahami dan menjelaskan kembali anti simetris
3.7.11.1
Memahami dan menemukan kembali konsep fungsi
4.7.1.1
Menyelesaikan masalah sederhana
yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
4.7.2.1
Menentukan masalah sederhana yang
berkaitan dengan fungsi
D. Materi
Pembelajaran
Fakta
Konsep
Relasi, domain, kodomain, range dan fungsi.
Prinsip
Relasi R dikatakan bersifat refleksif jika
untuk setiap p ∈ P berlaku (p, p) ∈ R
Relasi R dikatakan bersifat simetris, apabila
untuk setiap (x, y) ∈ R berlaku (y, x) ∈ R.
Relasi R bersifat transitif apabila untuk
setiap (x,y) ∈ R dan (y,z) ∈ R maka berlaku (x,z) ∈ R
Relasi R dikatakan bersifat antisimetris,
apabila untuk setiap (x,y) ∈ R dan (y,x) ∈ R berlaku x = y.
Relasi R dikatakan relasi ekivalensi jika dan
hanya jika relasi R memenuhi sifat reflektif, simetris, dan transitif.
Prosedur
Langkah-langkah menemukan konsep relasi, domain,
kodomain, range dan fungsi
Langkah-langkah membuktikan sifat – sifat refleksi,
simetris, transitif dan anti simetris
1. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran :
3.
Metode : diskusi kelompok,tanya jawab,
dan penugasan
2. Alat/Media/Sumber
Belajar
1. Alat/Bahan : Penggaris
2. Media :
Papan Tulis/White Board, LCD
3. Sumber Belajar :
a.
Buku Siswa Hal. 162 - 187 , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
b.
Buku Guru Hal. 213
- 245, Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, 2014
c.
Internet
3. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 jp)
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Siswa merespon
salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan
pembelajaran sebelumnya 2. Siswa menerima informasi tentang pembelajaran
yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi
sebelumnya. 3. Siswa menerima informasi tentang kompetensi,
ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran serta metode yang akan dilaksanakan 4. Membagi siswa menjadi 8 kelompok, dengan setiap
kelompok terdiri dari 4 orang siswa. |
10
menit |
Kegiatan Inti |
70 Menit |
|
Mengamati Menanya ·
Mencoba Menalar Mengkomunikasi |
Fase
1 Stimulation (stimulasi/pemberian
rangsangan) 1.
Guru
mengarahkan siswa mengamati gambar dari buku paket pada halaman 163. 2.
Guru mengarahkan siswa mengamati Gambar
5.2 dan meminta siswa untuk membandingkannya dengan Gambar 5.1 halaman 163
dan 164. 3.
Guru mengarahkan siswa untuk mengingat
kembali materi pelajaran matematika SMP tentang menyatakan sebuah relasi
dapat dilakukan dengan: himpunan pasangan terurut, diagram panah, dan diagram
kartesius. 4.
Guru meminta siswa mengamati Masalah 5.1
dan menganalisis permasalahan yang ada. 5.
Siswa diminta menyelesaikan Masalah 5.1 dengan menggunakan diagram
panah, himpunan
pasangan terurut dan diagram kartesius. |
|
Fase II Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi
masalah) 1.
Memfasilitasi siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
terkait dengan permasalahan yang diberikan 2.
Mengajukan
pertanyaan yang bersifat fokus terkait dengan relasi yang diamati, misalkan: a.
Fakta-fakta
apa saja yang ada pada relasi dari buku paket halaman 164? 3.
Memancing peserta didik untuk bertanya terkait dengan definisi relasi, domain, kodomain dan range misalnya: a.
Apakah
ada kemungkinan daerah kawan sama dengan daerah hasil? Berikan alasanmu! |
||
Fase
III Data
collection
(pengumpulan data) 1.
Secara
berkelompok siswa mendiskusikan bahasan yang ada di halaman 165 – 168
mengenai relasi dan menuliskan fakta-fakta yang ada pada relasi yang diamati
untuk menemukan konsep relasi. |
||
Fase
IV Data processing (pengolahan data) 1.
Siswa
mendikusikan secara berkelompok, pertanyaan yang diajukan oleh guru maupun
rekan sebaya untuk mengarah pada penemuan konsep relasi. 2.
Secara berkelompok siswa mendiskusikan bahasan yang ada di halaman 165 – 168 untuk menemukan konsep relasi. 3.
Siswa secara
berkelompok mendiskusikan masalah 5.2 untuk mengidentifikasi daerah asal,
daerah kawan dan daerah hasil. 4.
Secara berkelompok siswa membuat contoh dan bukan contoh
relasi dalam kehidupan sehari – hari. |
||
Fase
V Verification (pembuktian) 1.
Siswa menghubungkan pengetahuan
yang diperoleh dari hasil pengamatan maupun jawaban sementara dari pertanyaan
sehingga diperoleh jawaban dari permasalahan 5.1 yang terdapat pada halaman
165 – 166 berkaitan dengan konsep relasi. |
||
Fase VI Generalization (menarik
kesimpulan/generalisasi) 1.
Siswa bersama kelompoknya membuat kriteria dari aturan domain, kodomain,
range dan relasi 2. Secara
berkelompok siswa menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi 3. Siswa bersama-sama dengan kelompoknya mendiskusikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
atau kaitan dengan topik lain dalam matematika itu sediri maupun kaitan topik
yang dibahas dengan mata pelajaran lain yang penyelesaiannya menggunakan relasi 4.
Setelah
kegiatan diskusi selesai, guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk
menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya masing-masing. 5.
Kelompok lain menanggapi sajian dari perwakilan kelompok yang tampil. Setelah semua kelompok tampil, siswa bersama-sama dengan guru
membuat kesimpulan dari materi yang dibahas |
|
|
Penutup |
1. Siswa merefleksi penguasaan materi yang
dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi. 2. Siswa saling memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang dicapai 3. Guru memberikan tugas mandiri (mengerjakan soal
uji kompetensi 5.1 hal 184) 4. Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuaan berikutnya. |
10
menit |
Pertemuan kedua (2 jp)
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1. Guru bersama siswa mereview kembali pengertian
domain, kodomain dan relasi. 2. Guru menanyakan PR |
10
menit |
Kegiatan Inti |
70 Menit |
|
Mengamati Menanya Mencoba Menalar Mengkomunikasi |
Fase
1 Stimulation (stimulasi/pemberian
rangsangan) 1.
Guru mengarahkan siswa mencermati
beberapa contoh pada halaman 172 – 175 yang disajikan agar siswa menemukan
beberapa sifat relasi. |
|
Fase II Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi
masalah) 1.
Memfasilitasi siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
terkait dengan permasalahan yang diberikan 2.
Mengajukan
pertanyaan yang bersifat fokus terkait dengan sifat relasi yang diamati,
misalkan: a.
Sifat
refleksi b.
Sifat
simetris c.
Sifat
transitif d.
Sifat anti
simetris 3.
Memancing peserta didik untuk bertanya terkait dengan definisi sifat reflektif, sifat simetris, sifat transitif, dan
sifat anti simetris a.
Bagaimana
mengidentifikasi bahwa suatu relasi bersifat simetris, sifat transitif, sifat
anti simetris? b.
Bagaimana
suatu relasi dikatakan ekuivalensi? |
||
Fase
III Data
collection
(pengumpulan data) 1.
Secara
berkelompok siswa mendiskusikan bahasan yang ada di halaman 172 – 175
mengenai relasi dan menuliskan fakta-fakta yang ada pada relasi yang diamati
untuk menemukan konsep relasi. |
||
Fase
IV Data processing (pengolahan data) 1.
Siswa
mendikusikan secara berkelompok, pertanyaan yang diajukan oleh guru maupun
rekan sebaya untuk mengarah pada penemuan konsep sifat relasi. 2.
Secara berkelompok siswa mendiskusikan bahasan yang ada di halaman 172 – 175 untuk menemukan konsep sifat relasi. 3.
Siswa
secara berkelompok membuat contoh bentuk diagram ven yang berkaitan dengan
konsep sifat relasi. |
||
Fase
V Verification (pembuktian) 1. Siswa
menghubungkan pengetahuan yang diperoleh dari hasil pengamatan maupun jawaban
sementara dari pertanyaan sehingga diperoleh jawaban dari contoh halaman 172
– 174. |
||
Fase VI Generalization (menarik
kesimpulan/generalisasi) 1.
Siswa bersama kelompoknya membuat kriteria dari aturan sifat relasi. 2. Secara
berkelompok siswa menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi. 3. Siswa bersama-sama dengan kelompoknya mendiskusikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
atau kaitan dengan topik lain dalam matematika itu sediri maupun kaitan topik
yang dibahas dengan mata pelajaran lain yang penyelesaiannya menggunakan sifat
relasi. 4.
Setelah
kegiatan diskusi selesai, guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk
menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya masing-masing. 5.
Kelompok lain menanggapi sajian dari perwakilan kelompok yang tampil. Setelah semua kelompok tampil, siswa bersama-sama dengan guru
membuat kesimpulan dari materi yang dibahas |
|
|
Penutup |
1. siswa merefleksi penguasaan materi yang
dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi. 2. Siswa saling memberikan umpan balik hasil
evaluasi pembelajaran yang dicapai 3. Guru memberikan tugas mandiri (mengerjakan soal
uji kompetensi 5.1 hal 184) 4. Siswa mendengarkan arahan guru untuk materi pada
pertemuaan berikutnya. |
10
menit |
Pertemuan ketiga (2 jp)
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi
Waktu |
Pendahuluan |
1. Guru bersama siswa mereview kembali pengertian sifat
relasi. 2. Guru menanyakan PR |
10
menit |
Kegiatan Inti |
70 Menit |
|
Mengamati Menanya Mencoba Menalar Mengkomunikasi |
Fase
1 Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan) 1.
Guru mengarahkan siswa mencermati
beberapa masalah 5.3 dan 5.4 pada halaman 176 - 180 yang disajikan agar siswa
menemukan defiinisi fungsi. |
|
Fase II Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi
masalah) 1.
Memfasilitasi siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami
terkait dengan permasalahan yang diberikan 2.
Mengajukan
pertanyaan yang bersifat fokus terkait dengan fungsi yang diamati. 3.
Memancing peserta didik untuk bertanya terkait dengan definisi fungsi. a.
Bagaimana
membedakan relasi dan fungsi? |
||
Fase
III Data
collection
(pengumpulan data) 1.
Secara
berkelompok siswa mendiskusikan bahasan yang ada di halaman 176 – 180
mengenai fungsi dan menuliskan fakta-fakta yang ada pada relasi yang diamati
untuk menemukan konsep fungsi. |
||
Fase
IV Data processing (pengolahan data) 1.
Siswa
mendikusikan secara berkelompok, pertanyaan yang diajukan oleh guru maupun
rekan sebaya untuk mengarah pada penemuan konsep fungsi. 2.
Secara berkelompok siswa mendiskusikan bahasan yang ada di halaman 176 – 180 untuk menemukan konsep fungsi. |
||
Fase
V Verification (pembuktian) 1. Siswa
menghubungkan pengetahuan yang diperoleh dari hasil pengamatan maupun jawaban
sementara dari permasalahan sehingga diperoleh jawaban dari permasalahan 5.3
dan 5.4 halaman 176 – 180. |
||
Fase VI Generalization (menarik
kesimpulan/generalisasi) 1.
Siswa bersama kelompoknya membuat kriteria dari aturan fungsi.. 2. Secara
berkelompok siswa menuliskan kesimpulan dari hasil diskusi. 3. Siswa bersama-sama dengan kelompoknya mendiskusikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari
atau kaitan dengan topik lain dalam matematika itu sediri maupun kaitan topik
yang dibahas dengan mata pelajaran lain yang penyelesaiannya menggunakan fungsi. 4.
Setelah
kegiatan diskusi selesai, guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk
menyajikan/mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya masing-masing. 5.
Kelompok lain menanggapi sajian dari perwakilan kelompok yang tampil. Setelah semua kelompok tampil, siswa bersama-sama dengan guru
membuat kesimpulan dari materi yang dibahas |
|
|
Penutup |
1. Guru bersama siswa menyimpulkan: a. Setiap
relasi adalah himpunan. Tetapi sebuah himpunan belum tentu merupakan relasi. b. Setiap
fungsi merupakan relasi. Tetapi sebuah relasi belum tentu merupakan fungsi. c. Dari
pernyataan (1) dan (2) disimpulkan bahwa setiap fungsi dan relasi adalah
himpunan. d. Relasi
memiliki sifat, antara lain (1) reflektif, (2) simetris, (3) transitif, dan (4)
sifat antisimetris. Jika sebuah relasi memenuhi sifat reflektif, simetris dan
transitif, maka relasi tersebut dikatakan relasi ekuivalen. e. Fungsi
adalah bagian dari relasi yang memasangkan setiap anggota domain dengan tepat
satu anggota kodomain. Fungsi yang demikian disebut juga pemetaan. f. Untuk lebih mendalami materi fungsi kamu
dapat mempelajari berbagai jenis fungsi pada sumber belajar yang lain,
seperti fungsi naik dan turun, fungsi ganjil dan fungsi genap, fungsi
injektif, surjektif, fungsi satu-satu, dan sebagainya. |
10
menit |
Malang,
............................. 2014
Mengetahui
Kepala SMKN 2 Malang Guru
Mata Pelajaran,
H.Bagus
Gunawan, S.Pd, M.Si Dra.
Sri Wahyuani
NIP. 195903141987031006 NIP. 195606211990003002
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : SMAN Widya Gama Malang
Kelas/Semester : Kelas X / Ganjil
Mata Pelajaran : Matematika
Topik :
Relasi dan Fungsi
Waktu : 4 x 45 menit
KOMPETENSI INTI
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai
permasalahan
dalam berinteraksi
secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural,
dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang spesifik
sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta
mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
KOMPETENSI DASAR
1.1.Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.1.
Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2.
Mampu mentransformasi diri dalam
berpilaku jujur, tangguh
mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
2.3.
Menunjukkan sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
3.6.
Mendeskripsikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara
dua himpunan yang disajikan dalam
berbagai bentuk ( grafik, himpunan pasangan berurutan atau ekspresi simbolik
3.7.
Mengidentifikasi relasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang merupakan
fungsi.
4.7. Menerapkan daerah asal, dan daerah hasil fungsi
dalam menyelesaikan masalah
INDIKATOR
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Bekerjasama, disiplin, toleransi, percaya diri dan kritis dalam kegiatan
kelompok, bertanya dan diskusi kelas
3.
Percaya diri, tanggung jawab dan jujur mengerjakan tugas
4.
Menyatakan daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil suatu relasi antara dua
himpunan
yang disajikan dalam diagram panah
5.
Menyatakan daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil suatu relasi antara dua
himpunan
yang disajikan dalam pasangan terurut
6.
Menyatakan daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil suatu relasi antara dua
himpunan
yang
disajikan dalam bentuk grafik
7.
Menuliskan sifat- sifat relasi
8.
Menyebutkan syarat pada daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil agar sebuah
relasi
merupakan fungsi
9.
Membedakan sebuah relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi
10.Trampil
menerapkan konsep/ prinsip daerah asal dan daerah hasil fungsi dalam
menyelesaikan masalah
I.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui metode diskusi dan menggunakan lembar
kerja, peserta didik mampu menunjukkan
sikap bekerja sama, disiplin, toleransi, percaya diri, kritis dan
bertanggung jawab serta dapat :
1.
Mendiskripsikan
daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan
yang disajikan dalam diagram panah, pasangan terurut dan diagram cartesius.
2.
Mampu
menjelaskan sifat-sifat relasi
3.
Mampu
menyebutkan syarat-syarat syarat-syarat pada daerah asal, daerah kawan, dan
daerah hasil pada sebuah relasi agar merupakan fungsi.
4.
Mampu
membedakan sebuah relasi yang merupakan fungsi dan bukan fungsi.
5.
Terampil
menerapkan konsep daerah asal, daerahkawan dan daerah hasil fungsi dalam
pemecahan masalah.
6.
Terampil
menerapkan sifat-sifat relasi dalam
pemecahan masalah.
II.
MATERI AJAR :
1.
Menenmukan
konsep relasi
2.
Sifat-sifat relasi
3.
Menemukan
konsep fungsi,
III.MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN:
1.
Metode
: Diskusi, Tanya jawab dan tutor sebaya.
2.
Model : Problem Based Learning.
IV.LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
PERTEMUAN KE 1
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
1.
Guru meminta salah
satu siswa untuk memimpin doa 2.
Guru menanyakankehadirandankeshatansiswa 3.
Guru mempersilahkan
siswa untuk mengumpulkan tugas yang diberikan pada pertemuan sebelumnya 4.
Guru menginformasikan
materi kelanjutan yang akan diajarkan 5.
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran 6.
Guru mnyampaikan
model pembelajaran yang akandigunakan 7. Guru memeintahkan siswa untuk bergabung sesuai kelompoknya |
10 menit |
Inti |
1. Siswa membaca pengertian daerah asal, daerah
kawan dan daerah hasil dari berbagai
penyajian suatu relasi. 2. Siswa diberikan permasalahan berupa LAS
sebagai bahan diskusi bersama kelompoknya untuk mendapatkan deskripsi relasi,
daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil serta sifat-sifat relasi dari dua
buah himpunan. 3. Selama kegiatan diskusi berlangsung, setiap
siswa diharapkan aktif bekerja sama untuk saling berbagi ide dalam menyelesaikan masalah yang ada
pada LAS, dan guru memberikan bantuan kepada kelompok yang dianggap kurang
mampu dalam memahami permasalahan yang
ada pada LAS dengan scaffolding untuk membangkitkan ingatan dan nalar siswa. 4. Siswa dibimbing guru untuk membuat laporan
hasil diskusi yang akan digunakan
sebagai bahan presentasi. 5. Siswa mempresentasikan hasil kerja kelompok (kelompok dipilih oleh
guru secara random) dan kelompok yang lain menanggapi, dengan guru sebagai
moderator. 6. Siswa mengevaluasi hasil dari pelaporan 7. Setelah kegiatan presentasi diperoleh jawaban
yang benar dari permasalahan yang diberikan, maka guru meminta siswa untuk
mengevaluasi hasil dari pelaporan masing- masing 8. Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap
kelompok 9. Dengan Tanya jawab , guru mengarahkan untuk
membuat kesimpulan mengenai konsep relasi, daerah asal, daerah kawan dan
daerah hasil dari permasalahan yang telah diberikan 10. Siswa diminta untuk mempelajari sifat- sifat
relasi pada buku siswa halaman 167 – 169 11. Setelah memahami sifat- sifat relasi, maka
tiap kelompok diberi tugas untuk membuat contoh masing- masing sifat 2 contoh 12. Untuk mengetahui hasil diskusi maka siswa
diminta mempresentasikan hasil diskusinya, dan siswa yang lain menanggapinya |
20 menit 45 menit |
Penutup |
1.Setelah diperoleh pemahaman yang benar dari hasil presentasi beberapa kelompok , maka guru
bersama siswa menyimpulkan hasil diskusinya 2. Untuk mengetahui pemahaman siswa diberikan tes tertulis yang harus dikerjakan secara
individu 3. Siswa diberi tugas PR hal 179 masalah 5.2. nomor 1,2 4. Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan mengucap salam |
15 menit |
PERTEMUAN KE-2
KEGIATAN |
DESKRIPSI KEGIATAN |
ALOKASI WAKTU |
|
Pendahuluan |
8.
Guru meminta salah
satusiswa untuk memimpin doa 9.
Guru menanyakan
kehadiran dan keshatan siswa 10. Guru
mempersilahkan siswa untuk mengumpulkan tugas
yang diberikan pada pertemuan sebelumnya 11. Guru
menginformasikan materi kelanjutan yang akan diajarkan 12. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran 13. Guru
mnyampaikan model pembelajaran yang akan digunakan 14. Guru
memeintahkan siswa untuk bergabung sesuai kelompoknya |
15 menit |
|
Inti |
Pengamatan : a.
Siswa diberi
permasalahan berupa LKS sebagai bahan diskusi untuk mendeskripsikan fungsi , daerah
asal, daerah kawan dan daerah hasil suatu fungsi yang memasang kandua
himpunan dalam berbagai bentuk sajian b.
Siswa menentukan
pertanyaan tentang hal- hal yang dirasa sulit c.
Siswa diorganisasikan
dalam kelompoknya untuk bisa berbagi tugas dalam melaksanakan tugas guru,
siswa juga dihimbau untuk bias bekerja sama dengan sesame teman dalam
kelompoknya. d.
Selama kegiatan
diskusi kelompok berlangsung, tiap siswa diharapkan aktif untuk saling
berbagi ide dalam menganalisis dan membuat katagori dari unsur- unsur yang
terdapat pada daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil dari berbgai
penyajian suatu relasi dan fungsi, kemudian menghubungkan unsur- unsur yang
sudah dikatagorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian
daera hasal, daerah kawan dan daerah hasil, serta mengidentifikasi berbagai
penyajian relasi yang merupakan suatu fungsi. e.
Setelah kelompok
selesai menyelesaikan permasalahan , maka guru pembimbing meminta tiap- tiap
kelompok untuk membuat laporan dari hasil diskusinya untuk bahan presentasi f.
Pada kegiatan
presentasi guru meminta beberapa kelompok untuk mempresentasikan hasil
laporan diskusinya g.
Selama kegiatan
presentasi kelompok siswa yang lain
dipersilahkan menanggapidan guru bertindak sebagai moderator h.
Setel a.
i.
Guru mengumpulkan
semua hasil diskusi tiap kelompok |
65 menit |
|
Penutup |
a.
Setelah diperoleh
pemahaman yang dari hasil presetasi beberapa kelompok , maka guru bersama
siswa menyimpulkan hasil diskusi b.
Untuk mengetahui
pemahaman siswa diberikan tes tertulis yang harus dikerjakan secara individu c.
Setelah kegiatan tes
tertulis, siswa diberi PR dari buku
halaman 174, nomor 1 ,2,3,4 d.
Guru mengakhiri
kegiatan belajar dengan mengucap salam |
10 menit |
V.
ALAT / BAHAN / SUMBER BELAJAR :
1. Alat : Perangkat LCD dan Laptop
2. Sumber Belajar :
a. Buku Matematika Guru, 2013.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia
b. Sartono Wirodikromo, 2007,
Matematika SMA 1 untuk kelas X, Jakarta, Penerbit
Erlangga
VI.
PENILAIAN
1.Teknik Penilaian : Pengamatan,
Penugasan, Tes Tertulis
2. Prosedur Penilaian
NO. |
ASPEK
YANG DINILAI |
TEKNIK
PENILAIAN |
WAKTU
PENILAIAN |
1. |
Sikap : a.Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya b.Bekerjasama, disiplin,toleransi,
percaya diri, dan kritis dalam kegiatan kelompok, bertanya dan diskusi kelas c. Percaya diri, tanggung jawab
dan jujur mengerjakan tugas |
Pengamatan |
- Awal pelajaran -Selama pembelajaran dan saat
diskusi -
|
2. |
Pengetahuan : a.Menyatakan daerah asal, daerah
kawan dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalam
diagram panah b. Menyatakan daerah asal, daerah
kawan dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dam
pasangan terurut c. Menyatakan daerah asal, daerah
kawan dan daerah hasil suatu relasi antara dua himpunan yang disajikan dalm bentuk
diagram Cartesius d.Menuliskan sifat- sifat relasi |
Pengamatan, Penugasan dan tes
tertulis |
Penyelesaian tugas individu dan
kelompok |
3. |
Ketrampilan : a.Trampil menerapkan konsep/
prinsip daerah asal dan daerah hasil relasi dalam menyelesaikan masalah |
Penugasan dan tes tertulis |
Penyelesaian tugas (baik individu maupun kelompok)
dan saat diskusi |
3. Instrumen Penilaian Hasil Belajar
Penugasan :
Mendiskusikan LKS ( Terlampir )
Tes tertulis
1.
Tentukan daerah asal,
daerah kawan dan daerah hasil dari relasi berikut :
Putih Kuning Merah hijau Agung Budi Cintya Desi Emi
b.R =
{(1,3),(2,5),(3,6),(4,8),(5,8)}
8 •
6 •
4 •
2 •
2 4
6 8 x
2.
Diberikan himpunan A =
{1,2,3,4,5} dan B = {2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12}
Nyatakan
relasi A terhadap B dengan relasi berikut :
a.
Anggota himpunan A
dipasangkan dengan anggota himpuanan B dengan relasi
B
= 3A –1
b.
Anggota himpunan A
dipasangkan dengan anggota himpuanan B dengan relasi
B
=10 – A
PEDOMAN
PENSKORAN
NO. |
LANGKAH-
LANGKAH |
SKOR |
1a. |
Daerah asal
:D={Agung,Budi,Cintya,Desi,Emi} Daerah
Kawan:K={Putih,Kuning,Merah,Hijau} Daerah
Hasil:R={Putih,Kuning,Merah} |
1 1 1 |
1b. |
Daerah asal :D={1,2,3,4,5} Daerah Kawan:K={3,5,6,8} Daerah Hasil:R={3,5,6,8} |
1 1 1 |
1c. |
Daerah asal :D={2,4,6} Daerah Kawan:K={2,4,6,8} Daerah Hasil:R={2,4,6,8} |
1 1 1 |
Penskoran
tidak hanya memperhatikan jawaban akhir tetapi juga memperhatikan proses, terutama
meliputi pemahaman, komunikasi, matematis ( ketepatan menggunakan symbol dan
istilah), penalaran(logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.
LEMBAR KERJA SISWA ( LKS ) – 01
Petunjuk Pengerjaan
-Diskusikan
permasalahan dibawah ini dengan kelompok anda masing- masing
-Buatlah pelaporan dari
hasil diskusi yang telah anda lakukan
1. Ada lima anak : Ani,
Budi, Cica, Dina dan Erik akan mengikuti legiatan ektrakurikuler yang ada di
sekolahnya, yaitu : seni tari, seni suara, PMR, Pramuka, Bola Volly, sepak
bola, Jurnalistik dan Pencak silat.
Mereka akan mengikuti
kegiatan ektrakurikuler sesuai dengan minat dan bakatnya. Buatlah pasangan lima
siswa tersebut dengan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti , jika :
-Ani mengikuti seni
tari, Budi mengikuti PMR, Dina mengikuti jurnalistik, Cica mengikuti pramuka dan Erik mengikuti Bola Volly
-Cica mengikuti
ekstrakurikuler seni suara, Dina mengikuti Pramuka, , dan Erik mengikuti
Jurnalistik
a. Tulislah anggota himpunan siswa
b. Tulislah anggota himpunan kegiatan
ektrakurikuler
c. Tulislah anggota himpunan kegiatan
ektrakurikuler yang diikuti siswa
d. Tulislah pasangan antara siswa dan kegiatan
yang diikuti
e. Tentukan anggota himpunan daerah asal,
daerah kawan dan daerah hasil
f. Nyatakan pasangan antara siswa dan kegiatan
yang diikuti tersebut dalam bentuk diagram panah, himpunan pasangan berurutan,
dengan digram cartesius
2. Diketahui
Dari dua himpunan tersebut tentukan :
a.Anggota himpunan A
b.Anggota himpunan B
c.Buatlah diagram panah yang memetakan
himpunan A ke himpunan B dengan aturan
B = 3A+1
d.Nyatakan jawaban soal c dalam bentuk
himpunan pasangan berurutan dan diagram cartesius
e.Tentukan
anggota himpunan daerah asal, daerah kawan dan daerah hasil
Dari hasil diskusi pada
dua masalah diatas apa yang dapat disimpulkan tentang hubungan daerah asal,
daerah kawan dan daerah hasil !
Lampiran
1
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semestewr : X / 1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu Pengamatan:
Selama diskusi kelompok berlangsung
Berikan tanda “v” pada
kolom sikap, jika sikap tersebutterlihat pada siswa yang bersangkutan selama
proses pembelajaran!
NO. |
NAMA SISWA |
SIKAP |
||||||
B |
D |
T |
PD |
K |
TJ |
J |
||
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
11 |
|
|
|
|
|
|
|
|
12 |
|
|
|
|
|
|
|
|
13 |
|
|
|
|
|
|
|
|
14 |
|
|
|
|
|
|
|
|
15 |
|
|
|
|
|
|
|
|
16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
17 |
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
19 |
|
|
|
|
|
|
|
|
20 |
|
|
|
|
|
|
|
|
21 |
|
|
|
|
|
|
|
|
22 |
|
|
|
|
|
|
|
|
23 |
|
|
|
|
|
|
|
|
24 |
|
|
|
|
|
|
|
|
25 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: B : Bekerja Sama D : Disiplin T : Toleransi PD : Percaya Diri
K : Kritis TJ : Tanggung Jawab J : Jujur
Lampiran 2
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semestewr : X / 1
Tahun
Pelajaran : 2013/2014
Waktu
Pengamatan: …
Indikator
trampil menerangkan konsep/ prinsip dan strategi pemecahanm masalah yang
relevan yang berkaitan dengan Relasi dan Fungsi
1.Kurang
trampil jika sama sekali tidak dapat menerangkan konsep konsep/ prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Relasi dan Fungsi
2.Trampil
jika menunjukkan sudah ada usaha untuk menerapkan konsep/ prinsip dan strategi
pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Relasi dan Fungsi
3.Sangat
Trampil jika menunjukkan adanya usaha untu menerapkan konsep/ prinsip dan
strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan Relasi dan Fungsi
Bubuhkan
tanda “v” pada kolom sesuai hasil pengamatan !
NO. |
NAMA
SISWA |
KETRAMPILAN |
||
MENERAPKAN
KONSEP/ PRINSIP DAN STRATEGI PEMECAHAN MASALAH |
||||
KT |
T |
ST |
||
1 |
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
7 |
|
|
|
|
8 |
|
|
|
|
9 |
|
|
|
|
10 |
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
Keterangan
: KT : Kurang Trampil T : Trampil ST
: Sangat Trampil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar