UNIVERSITAS PATTIMURA

Jadilah Seperti Pohon Yang Tumbuh Dan Berdaun Lebat yang apabila di lempar dengan batu maka balasannya adalah buah

Senin, 26 Desember 2022

SILABUS MATEMATIKA

 

                                                                                       Sekolah                      : SMA Negeri 1 Pariangan

                                                                                       Mata Pelajaran                   : Matematika Wajib (Ganjil)

                                                                                       Kelas                          : X 

                                                                                       Tahun Pelajaran                 : 2020/2021

 

Kompetensi Inti

 

KI 1 :

Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 

KI 2:

Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbgai permasalahan dalam  berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebgai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

KI3 :

Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.

KI 4:

Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

3.1 Mengintepretasi persamaan dan pertidaksamaan

nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan

3.1.1 Menjelaskan definisi   nilai mutlak

3.1.2 Menjelaskan konsep persamaan    nilai mutlak    bentuk linear    satu

variabel

    Konsep Nilai Mutlak (fakta dan konsep)

    Nilai         mutlak suatu bilangan

(prinsip)

    Sifat-sifat nilai

Pada kegiatan pendahuluan peserta didik diajak mengamati

Al Quran Surat Al-Haaqqa(1-

3) Artinya:

1.    Hari Kiamat

2.    Apakah hari kiamat itu?

3.    Dan tahukah kamu apakah

Sikap

       Teknik       :

Observasi dan jurnal

       Instrumen: lembar

observasi

        dan       buku

8  x 45 menit

       Buku Paket Matematika kelas X

       Buku Buku Matematika

       Kelas          X

Intan

Pariwara

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

 

Sumber

Belajar

linear      Aljabar lainnya.

3.1.3 Menjelaskan konsep pertidaksamaan

nilai mutlak bentuk linear satu variabel

3.1.4 Membedakan persamaan   dan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel

3.1.5 Menjelaskan tahapan menggambar sketsa       grafik persamaan       nilai mutlak dari bentuk linear       satu

variabel

3.1.6 Menjelaskan tahapan membuat garis bilangan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel

3.1.7 Menjelaskan hubungan antara

mutlak (konsep)

    Fungsi        nilai mutlak (konsep)

    Konsep persamaan nilai        mutlak (konsep)

    Bentuk umum persamaan nilai mutlak

(konsep)

    Penyelesaian persamaan nilai mutlak

(prosedur)

    Konsep pertidaksama an nilai mutlak (konsep)

    Bentuk umum pertidaksama an nilai mutlak

(konsep)

    Penyelesaian pertidaksama an nilai mutlak

hari kiamat itu

 Al Haaqqa menurut bahasa berarti yang pasti terjadi,hari kiamat dinamai Alhaaqqah karena dia pasti terjadi

 

    Peserta didik membaca mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.

 

    Peserta didik membuat pertanyaan mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.

 

    Peserta didik menentukan unsur-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak,

jurnal

Pengetahuan

       Teknik      : penugasan

dan tes tulis

       Instrumen:

Soal uraian dan pilihan ganda

Keterampilan

       Teknik:

unjuk kerja 

       Instrumen:

Soal uraian

 

Buku

referensi dan artikel.

Internet.    

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

pertidaksamaan linear      Aljabar lainnya.

3.1.12 Menjelaskan strategi/tahapan penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel dengan persamaan dan pertidaksamaan linear Aljabar lainnya.

 

    Peserta        didik menyampaikan pengertian nilai mutlak, ekspresiekspresi, dan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang terkait persamaan dan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dengan lisan, tulisan, dan bagan..

 

    Peserta didik mengerjakan soal pada lembaran kerja

yang diberikan guru

 

    Peserta didik menyusun dan membuat rangkuman dari tugas-tugas yang sudah diselesaikan, kemudian membuat refleksi diri.

Di akhir pembelajaran peserta didik diajak mencermati Filsafah orang Minangkabau

”hiduik bajaso mati

 

 

 

4.1Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan

nilai mutlak dari bentuk linear

satu variable

4.4.1 Menunjukkan variabel dari permasalahan

berkaitan dengan  persamaan dan pertidaksamaan

nilai mutlak bentuk linear satu variabel dari permasalahan

4.4.2 Membuat model matematika dari permasalahan berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

nilai mutlak bentuk linear satu variabel

4.4.3 Merumuskan penyelesaian persamaan  nilai mutlak    bentuk linear      satu

variabel dengan  persamaan linear aljabar lainnya

4.4.4 Merumuskan penyelesaian

pertidaksamaan 

nilai mutlak bentuk linear satu variabel dengan  pertlinear aljabar lainnya

4.4.5 Membuat sketsa grafik persamaan nilai        mutlak

berdasarkan masalah

4.4.6 Menggambar daerah penyelesaian pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu

 

bapusako” jadi orang minang memberikan arti dan harga yang tinggi atau PASTI dalam hidupnya analogi terhadap alam maka pribahasa yang dikemukakan adalah”Gajah mati meninggalkan gadiang Harimau mati maninggalkan balang Manusia mati meninggalkan namo” inilah hal yang pasti dalam kehidupan masyarakat minangkabau

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

variabel           dengan pertidaksamaan bentuk             linear

aljabar lainnya

4.4.7 Menyelesaikan

masalah yang berkaitan dengan persamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel

4.4.8 Menyelesaikan

masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel

4.4.9 Membuat contoh permasalahan dan

penyelesaiannya berkaitan dengan persamaan atau pertidaksamaan nilai mutlak dari bentuk linear satu variabel

 

 

 

 

 

 

3.2     Menjelaskan dan

3.2.1 Mendeskripsikan konsep dan sifat-

Konsep dan sifat sifat

Pada kegiatan pendahuluan

Sikap

     Teknik

:

16 x 45 menit

Buku Paket Matematika

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

menentukan penyelesaian pertidaksamaan rasional dan irasional satu

variabel

sifat persamaan dan pertidaksamaan rasional

3.2.2           Menentukan

penyelesain persamaan dan pertidaksamaan

rasional

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

persamaan dan pertidaksa- maan rasional

(konsep)

Penyelesaian persamaan dan pertidaksama an rasional

(prosedur)

 

peserta didik diajak mengamati Surat Al-

Insyrah(5-7) Artinya:

5.    Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

6.    Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan

       Maka apabila kamu telah selesai(dari suatu urusan)kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan

yang lain

       Peserta didik membaca mengenai pengertian persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional beserta sifatsifatnya. 

 

       Peserta didik membuat pertanyaan mengenai pengertian persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional beserta sifatsifatnya, ekspresi-ekspresi penyelesaian, dan masalah

Observasi dan jurnal

       Instrumen: lembar observasi

        dan      buku

jurnal

Pengetahuan

       Teknik       : penugasan

dan tes tulis

       Instrumen:

Soal uraian dan pilihan ganda

Keterampilan

       Teknik: unjuk kerja dan proyek

       Instrumen:

Soal uraian

 

kelas X Buku

Matematika

      Kelas          X

Intan

Pariwara

    Buku referensi dan artikel.

    Internet.    

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

 

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

 

 

 

 

 

 

nyata   terkait dengan persamaan      dan pertidaksamaan             rasional dan irasional

 

 

 

 

 

 

Peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional

Peserta            didik menyampaikan pengertian persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional, ekspresiekspresi, dan penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang terkait persamaan dan pertidaksamaan rasional dan irasional, dan bagan..

 

 

 

 

4.2. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaa n rasional dan irasional satu variabel.

 

 

 

 

4.2.1 Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan

pertidaksamaan rasional 

4.2.2 Menyelesaikan masalah nyata yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan irasional

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

 

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

  3.3          Menyusun

sistem persamaan linear tiga variabel dari masalah

kontekstual 

 

3.3.1 Menyusun sistem persamaan linier tiga variabel dari

masala

kontekstual

  3.3.2           Menentukan

penyelesaian

dari sistem persamaan linier tiga variabel

     Sistem persamaan linier      tiga variable

(konsep dan

fakta)

     Menyelesaik an masalah yang berkaitan dengan Sistem

Persamaan

         Linear     Tiga

Variabel

(prosedur)

 

Peserta didik membaca mengenai ekspresi sistem persamaan linier tiga variabel, cara menentukan himpunan

penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya Peserta didik membuat pertanyaan mengenai ekspresi system persamaan linier tiga variable, cara penyelesaiannya , dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika serta penyelesaiannya

Peserta didik menentukan unsur-unsur yang terdapat pada ekspresi sistem

Pengetahuan:

     Tes lisan dan tes tulis tentang system persamaan linier tiga variabel

     Bentuk: 

uraian 

 

Keterampilan: 

     Tes tertulis tentang menyelesaik an masalah nyata yang berkaitan dengan system persamaan linier tiga variabel

8x45 menit

    Buku Paket Matematika kelas X Buku

Matematika

       Kelas          X

Intan

Pariwara

    Buku referensi dan artikel.

    Internet.    

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

 

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

4.3. Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan

           linear          tiga

variable 

4.3.1 Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan system persamaanlinier tiga variable

 

 

persamaan tiga variabel cara menentukan himpunan

penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya

 

 

 

 

 

 

Peserta didik menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada ekspresi system persamaan linier tiga variable, cara menentukan himpunan

penyelesaiannya, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika serta penyelesaiannya

 

 

 

 

 

 

Peserta didik

menyampaikan pengertian

ekspresi system persamaan linier tiga variable, cara menentukan himpunan penyelesaian, dan masalah nyata yang disajikan dalam model matematika, serta penyelesaiannya

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

 

 

Di akhir pembelajaran siswa di minta mencermati Adat Di

Minang kabau

Jika terjadi kusuik atau sengketa diminangkabau baik sekaum atau  antar kaum maka harus diselesaiakan secara adat

yang oleh KAN

Cara menyelesaikan kusuik/sengketa diminang ada 4 macam:

Kusuik Bulu ayam, Kusuik banang,kusuik rambuik,jo kusuik sarang tampuo,

Semua diselesaikan dengan caranya masin-masing,Apabila tidak terselesaikan maku baru dapat untuk mengajukan gugatan ke pengadilan  sebagaimana yang telah itentukan oleh adat Minang yang basandi sarak dan basandi kitabullah Artinya sesuai dengankonsep SPLTV kita harus menyelesaiakan permasalahan satu persatu

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

 

 

untuk                   mendapatkan

penyelesaian akhir

 

 

 

3.4Menjelaskan dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaa n dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-

kuadrat) 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.4.1            Menjelaskan

konsep pertidaksamaan dua variabel

3.4.2            Menjelaskan

penyelesaian  pertidaksamaan dua variabel 

3.4.3  Menggambarkan daerah penyelesaian             pertidaksamaan dua

variabel

3.4.4                Menyusun

pertidaksamaan dua

variabel dari suatu daerah

Sistem

Pertidaksamaan

Dua Variabel

      Sistem pertidaksam aan linear dan kuadrat

dua variabel 

(SPtdLKDV) (konsep        dan

fakta)

      Menggambar kan daerah

penyelesaian 

SPtdLKDV

(prosedur)

      Menyusun SPtdLKDV Dari        suatu

daerah penyelesaian

         Peserta didik membaca mengenai konsep PtdKDV di sertai contohnya, cara menentukan himpunan

penyelesaiannya, danpenyelesaiannyameng

gunakan grafik

 

         Peserta didikberdiskusi tentang konsep

         SPtdLKDV       di       sertai

contohnya, 

penyelesaian 

SPtdLKDV menggunakan grafik, metode substitusi, dan campuran metode eliminasi dan substitusi

serta

menjelaskan banyak penyelesaian SPtdLKDV di lihat dari titik potong

Sikap

       Teknik       :

Observasi dan jurnal

       Instrumen: lembar observasi

       dan      buku

jurnal

Pengetahuan

       Teknik       : penugasan

dan tes tulis

       Instrumen:

Soal uraian dan pilihan ganda

Keterampilan          Teknik:

12x45 menit

    Buku Paket Matematika kelas X Buku

Matematika

     Kelas          X

Intan

Pariwara

    Buku referensi dan artikel.

    Internet.    

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

 

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

penyelesaian

  3.4.5            Menjelaskan

konsep 

SPtdLKDV

3.4.6  Menggambarkan daerah penyelesaian   SPtdLKDV

3.4.7  Menghitung luas daerah penyelesaian   SPtdLKDV

3.4.8   Menjelaskan konsep SPtdKDV

3.4.9  Menggambarkan daerah penyelesaian   SPtdKDV

3.4.10  Menghitung luas daerah

penyelesaian

SPtdKDV

 

 

 

 

 

 

 

 

(prosedur)

      Sistem pertidaksama

an kuadrat dua variabel (SPtdKDV) (fakta dan

konsep)

      Menggambark an daerah

penyelesaian

SPtdKDV

(prosedur)

      Menyusun SPtdLKDV dari      suatu daerah penyelesaian

(prosedur)

 

 

antara garis dan parabola

serta    banyak penyelesaian SPtdLKDV di lihat dari nilai

diskriminan

pertidaksamaan             kuadrat hasil             substitusi pertidaksamaan             linear dua             variabel             kedalam pertidaksamaan             kuadrat dua variabel

sertas             menentukan

penyelesaian SPtdLKDV Menggunakan informasi dari permasalahan untuk menentukan             variabelvariabel             dan      membuat model matematika

berbentuk  SPtdLKDV Menyelesaikan permasalahan nyata yang berhubungan   dengan SPtdLKDV

Menjelaskan konsep SPtdKDV di sertai

contohnya Menjelaskan

penyelesaian SPtdKDV menggunakan grafik, metode substitusi,

unjuk kerja dan proyek

     Instrumen:

Soal uraian

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

4.4Menyajikan dan menyelesaika

      masalah     yang

berkaitan dengan sistem pertidaksamaan dua variabel

(linear-kuadrat

      dan        kuadrat-

kuadrat) 

 

 

4.4.1 Menyelesaikan

masalah yang berkaitan dengan

SPtdLKDV

 

4.4.2 Menyelesaikan

masalah yang berkaitan dengan

SPtdKDV

 

 

 

 

 

 

 

         campuran               metode

eliminasi dan substitusi

         Menjelaskan banyak penyelesaian SPtdKDV di lihat dari banyak titik potong antara kedua

parabola

         Menentukan penyelesaian SPtdKDV

         Menggunakan informasi dari permasalahan untuk menentukan variabelvariabel dan membuat model matematika

berbentuk  SPtdKDV

         Menyelesaikan permasalahan nyata yang berhubungan dengan

SPtdKDV

 

 

 

 

3.5   Menjelaskan dan

menentukan fungsi (terutama fungsi            linear, fungsi kuadrat, dan     fungsi

rasional) secara formal yang meliputi

3.5.1 Menentukan notasi suatu fungsi linear,   fungsi kuadrat,   dan fungsi rasional

3.5.2 Menentukan

daerah daerah asal suatu fungsi linear, fungsi kuadrat dan fungsi rasional 

Fungsi

     Relasi        dan

Fungsi (fakta dan konsep)

     Operasi Aritmetika

(prosedur)

     Komposisi Fungsi

(prosedur)

     Dengan tanya jawab peserta didik mengingat kembali definisi dan relasi antara dua himpunan melalui diagram panah, diagram cartesius,dan himpunan pasangan berurutan

     Dengan tanya jawab Peserta didik  menjelaskan konsep daerah asal, daerah kawan,

Sikap

       Teknik       :

Observasi dan jurnal

       Instrumen: lembar

observasi

       dan      buku

jurnal

Pengetahuan

12x45 menit

    Buku Paket Matematika kelas X Buku

Matematika

     Kelas          X

Intan

Pariwara

    Buku referensi dan

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

notasi, daerah asal, daerah hasil, dan

ekspresi simbolik, serta sketsa

grafiknya 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5       Menganalisa

karakteristik masingmasing grafik (titik potong dengan

3.5.3 Menentukan daerah hasilsuatu fungsi    linear, fungsi kuadrat dan

fungsi rasional

3.5.4 Menggambaran grafik     fungsi

linear

3.5.5 Menggambarkan grafik     fungsi

kuadrat

3.5.6 Menggambarkan grafik     fungsi

rasional

3.5.7 Menentukan  hasil   operasi penjumlahan dan pengurangan pada fungsi

3.5.8 Menentukan hasil operasi perkalian dan   pembagian

fungsi

 

4.5.1. Mensketsa titik potong   grafik fungsi.

4.5.2. Mensketsa titik puncak dan asimtot grafik

     Fungsi Linear

(konsep)

     Fungsi Kuadrat

(konsep)

     Fungsi Rasional

(konsep)

     Fungsi Invers

(konsep)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

dan daerah hasil

     Peserta didik memahami bahan ajar tentang berbagai jenis relasi sehingga siswa mampu menfefiniikan fungsi sebagai relasi dengan sifat tertentu

     Peserta didik memahami bahan ajar tentang notasi, daerah asal, daerah hasil suatu fungsi linear, fungsu kuadrat, dan rasional 

     Peserta didik mendiskusikan cara  menggambar grafik fungsi linear, fungsi

kuadrat,dan fungsi rasional 

     Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur tentang daerah asal dan daerah hasil fungsi linear, fungsi kuadrat,dan fungsi rasional

 

       Teknik       : penugasan

dan tes tulis

       Instrumen:

Soal uraian dan pilihan ganda

Keterampilan

       Teknik: unjuk kerja dan proyek

       Instrumen:

Soal uraian

 

artikel.

Internet.    

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

sumbu, titik puncak, asimtot) dan

perubahan

grafik fungsinya akibat transformasi f2(x),        1/f(x),

|f(x)| dsb.

fungsi.

4.5.3. mensketsa perubahan grafik fungsi    akibat transformasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.6 Menjelaskan operasi komposisi pada fungsi dan operasi invers

pada fungsi invers serta sifatsifatnya serta menentukan

eksistensinya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.6.1  Menentukan hasil operasi penjumlahan dan pengurangan pada fungsi

3.6.2  Menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian

fungsi

3.6.3  Mendefinisikan pengertian fungsi komposisi

3.6.4  Menentukan domain fungsi

komposisi

3.6.5  Menentukan range fungsi

komposisi

3.6.6  Menentukan sifat komposisi fungsi 

       Operasi

aritmatika fungsi (prinsip)

       Operasi penjumlahan

(prinsip)

       Operaasi pengurangan

(prinsip)

       Operasi

perkalian

(prinsip)

       Operasi pembagian

(prinsip)

       Daerah asal fungsi sebagai hasil

     Peserta didik  berdiskusi tentang operasi penjumlahan dan

pengurangan pada fungsi 

     Peserta didik berdiskusi tentang operasi perkalian dan pembagian pada fungsi

     Peserta didik berdiskusi untuk mendefinisikan

pengertian fungsi komposisi

     Peserta didik berdiskusi untuk menentukan domain fungsi komposisi

     Peserta didik berdiskusi untuk menentukan range

fungsi komposisi

     Peserta      didik     berdiskusi

Sikap

       Teknik       :

Observasi dan jurnal

       Instrumen: lembar observasi

        dan      buku

jurnal

Pengetahuan

       Teknik       : penugasan

dan tes tulis

       Instrumen:

Soal uraian dan pilihan ganda

Keterampilan

8x45 menit

    Buku Paket Matematika kelas X Buku

Matematika

      Kelas          X

Intan

Pariwara

    Buku referensi dan artikel.

    Internet.    

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

 

 

 

 

4.6 Menyelesaikan masalah yang

berkaitan dengan operasi komposisi dan operasi invers

suatu fungsi

 

 

3.6.7  Menentukan hasil operasi komposisi pada fungsi

 

 

4.6.1  Menyelesaikan masalah yang

melibatkan

operasi

komposisi dan operasi invers

fungsi 

operasi aljabar dua atau lebih

fungsi (konsep)

       Sifat-sifat hasil operasi fungsi (fakta)

       Operasi komposisi fungsi (fakta)

       Sifat-sifat komposisi fungs

(fakta)

       Defenisi Invers

Fungsi

(konsep)

       Fungsi invers (konsep)

       Sifat-sifat fungsi invers (konsep dan

fakta)

       Bentuk

invers fungsi

(konsep)

         untuk      menentukan      sifat

komposisi fungsi

     Peserta didik berdiskusi untuk menentukan rumus hasil operasi fungsi

komposisi

     Peserta didik mengerjakan tugas terstruktur tentang operasi aritmatika dan

operasi komposisi fungsi

     Peserta didik mengamati bahan tentang definisi fungsi invers

     Peserta didik berdiskusi tentang menentukan fungsi invers

     Peserta didik mengerjakan tugas tentang fungsi invers

     Peserta didik berdiskusi tentang menentuak fungsi invers dari fungsis komposisi

     Peserta didik mengerjakan tugas tentang fungsi invers dari fungsi komposisi

     Peserta didik berdiskusi tentang sifat-sifat  fungsi

       Teknik: unjuk kerja dan proyek

       Instrumen: Soal uraian

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Pembelajaran

 

Penilaian

 

Alokasi

Waktu

 

Sumber

Belajar

 

 

 

invers dan fungsi komposisi

     Peserta didik mengerjakan sifat-sifat fungsi invers  dan fungsi komposisi

     Peserta didik mengerjakan tugas tentang menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi invers suatu fungsi.

 

 

 

 

             

Mengetahui.:        Simabur,             Juni  2020 Kepala SMA N 1 PARIANGAN Guru Mata Pelajaran.

    

    

    

    

                                                         Dra. DESVIANORITA, MM                RIANA GUSTIA, M.Si

                                                       NIP 19620202 198603 2 004   NIP 19730807 200501 2 003

    

 

             

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar